Khasiat dan Manfaat Air Kelapa

Khasiat dan Manfaat Air Kelapa - Air kelapa tak hanya segar dikonsumsi disaat cuaca sedang panas. Kesegaran air kelapa juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Ini bukan cuma mitos tetapi khasiatnya memang sudah terbukti secara klinis. Apa saja manfaat dan khasiat air kelapa. Simak pembahasannya berikut ini :

Khasiat dan Manfaat Air Kelapa

1. Memberikan manfaat setara susu sapi
Air kelapa memiliki kandungan protein sebanyak 0,2 gram/100 gram, sedangkan susu sapi yakni sebanyak 3,2 gram/100 gram. Dalam air kelapa, kandungan asam amino arginin sebanyak 12,75 %, kemudian alanin sebanyak 2,41 % , sistein (1,17 %), dan juga serin (0,91 %) kandungannya lebih tinggi daripada susu sapi.. Namun ke-4 asam amino tersebut bukanlah asam amino esensial. Ini perbedaan dari air kelapa. Sedangkan asam amino lainnya yang juga ada pada air kelapa yaitu glutamin, histidin, fenilalanin, tirosin, leusin, lisin, tirosin, dan histidin. Glutamin merupakan asam amino paling tinggi yang terdapat dalam air kelapa.

2. Membuat badan kembali bugar dan tidak lemas
Air kelapa di akui oleh dunia sebagai salah satu minuman energi alami. Air kelapa mengandung cairan isotonik, yang kompososisinya serupa dengan komposisi elektrolit serta merupakan cairan dalam tubuh yang bisa mengurangi efek dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupkan aktifitas tubuh kekurangan cairan.

3. Mengurangi efek alkohol.
Air kelapa juga memiliki khasiat mengurangi efek alkohol dalam tubuh. Cara kerjanya yakni mampu mengencerkan kadar minuman keras, sampai efeknya sangat rendah dan lemah.

4. Memecahkan batu ginjal dan mengeluarkannya
Penelitian terhadap pasien batu ginjal membuktikan bahwa air kelapa yang berfungsi sebagai diuretik ini memiliki efek bisa mengeluarkan batu ginjal. Ini bisa dilakukan jika batu ginjalnya masih tergolong kecil. Jika sudah besar maka satu-satunya jalan yakni dengan penanganan medis lebih lanjut.

5. Memperbaiki sistem imun
Protein membentuk sistem imun dalam tubuh. Karena air kelapa mengandung protein rendah, maka kemampuan untuk membentuk antibody juga rendah. Kandungan asam laurat yang terdapat pada air kelapa yakni merupakan  zat antibakteri, antivirus, dan juga zat antijamur. Dalam kadar yang lebih kecil, air kelapa juga memiliki kandungan glutamin dan juga arginin yang dapat membantu melawan virus penyebab penyakit.

Nah itulah tadi beberapa Khasiat dan Manfaat Air Kelapa. Bukan cuman sebuah minuman segar saja ternyata. Karena air kelapa terbukti memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Air Kelapa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog