Tips Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar

CantikSehat.me - Tips Cara Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar - Sembelit atau yang lebih kita kenal dengan susah buang air besar sering kali dialami oleh kebanyakan orang. Sembelit biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, asupan air putih yang kurang sehingga kekurangan cairan dalam tubuh, organ usus yang tidak elastis, sering menunda buang air besar, jarang berolah raga. Masalah perut yang satu ini bukanlah masalah yang sepele karena biasanya penderita sembelit akan mengalami rasa sakit pada anus ketika sedang buang air besar, rasa tidak nyaman pada perut, selain itu dapat juga mengalami insomnia, sakit kepala, bau mulut yang kurang sedap, serta jika tidak diatasi dengan baik asam lambung akan meningkat.

mengatasi sembelit

Karena sembelit dapat menimbulkan masalah seperti disebutkan di atas, maka akan diuraikan enam cara untuk mengatasi sembelit :

Mengatur Pola Makan
Mengatur pola makan merupakan hal pertama yang harus dilakukan, karena pola makan yang tidak teratur akan mengakibatkan hal buruk pada lambungb dan usus sehingga sembelit akan timbul.

Konsumsi Buah dan Sayur
Konsumsi buah- buahan yang kaya akan serat, karena sembelit akan muncul karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Serat banyak terdapat pada buah apel, pisang, pir, dan jeruk, serta pada sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, bayam, dan lain sebagainya.

Minum Air Putih
Minum air putih sekitar 8 gelas atau 1,5 liter dalam sehari dapat mencegah dehidrasi.

Olah Raga
Tidak perlu melakukan olah raga berat serta lama, cukup dengan olah raga yang mudah seperti lari- lari kecil selama 20 menit dalam sehari.

Hindari Kolesterol
Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti pada makanan gorengan atau makanan yang kandungan lemaknya banyak, serta makanan cepat saji atau Junk food sebaiknya dihindari, karena dapat mengakibatkan sembelit.

Hindari Stress
Stress yang berlebih akan menyebabkan pola makan yang tidak teraur, kemudian berimbas pada masalah sembelit. Apabila anda mempunyai masalah dengan stres anda bisa lihat artikel Tips Menghilangkan Stres Dengan Cara Sederhana

Semoga 6 cara di atas bermanfaat dan dapat membantu anda mengatasi sembelit pada anda.

Tips Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eka yuni lestari