Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Kandungannya

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Kandungannya, Seorang wanita yang sedang hamil harus mengetahui makanan yang baik untuk ibu hamil agar kandungannya tumbuh dengan baik. Perkembangan kandungan seseorang sangat tergantung dari apa yang di makan dan dilakukan oleh ibu hamil. Makanan juga mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Maka menjaga pola makan pada seorang ibu hamil juga dapat berpengaruh terhadap pembentukan organ tubuh dan sel-sel janin.

makanan yang baik untuk ibu hamil

Selama kehamilan akan terjadi banyak perubahan pada ibu hamil, bukan hanya pada fisiknya tetapi juga pada hormone dan metabolismenya. Contohnya, perubahan pada kardivaskuler, paru-paru, pensernaan, dan saluran kemih. Dengan perubahan tersebut ibu hamil akan merasa lebih mudah terserang penyakit. Jika asupan gizinya buruk akan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Bukan hanya mengetahui apa saja makanan yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan tetapi lebih dari pada itu. Takaran yang semestinya di konsumsi agar apa yang dimakan tidak berlebihan karna jika tidak menggunakan porsi yang tepat akan menimbulkan masalah baru. Ibu hamil memang perlu mengkonsumsi daging-dagingan dan sumber protein lainnya tetapi bukan berarti harus mengkonsumsi tiap hari tanpa menyeimbangkan dengan makanan lain. Yang terpenting  adalah mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan seimbang.

Lebih baik lagi jika berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai asupan makanan selama masa kehamilan. Jadi, Anda akan mengetahui dengan jelas tentang makanan yang baik untuk ibu hamil. Berikut beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil :

1.  Mengkonsumsi ikan salmon, ikan ini mengandung omega yang baik untuk perkembangan otak janin atau syaraf-syarafnya. Selain itu juga kandungan proteinnya tinggi baik untuk pertumbuhan janin selama dalam kandungan.

2.  Mengkonsumsi daging, Pilihlah daging yang tidak mengandung lemak. Misalnya menyisihkan bagian kulit dari dagingnya karena pada bagian kulit banyak mengandung lemak. Cara mengolahnya juga harus bersih agar daging terbebas dari bakteri salmonella.

3.  Rutin mengkonsumsi susu. Banyak susu formula yang di tijukan bagi para ibu hamil mulai dari susu untuk mempersiapkan kehamilan sampai kehamilan menginjak bulan ke-9. Susu mengandung banyak vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan tulang agar bisa tumbuh dengan sempurna.

4.  Mengkonsumsi banyak serat seperti yang terdapat pada sayur-sayuran. Sayuran hijau kaya akan vitamin K, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan folat. Contohnya, zat besi banyak ditemukan pada sayuran kangkung.

Masih banyak lagi bahan makanan yang baik untuk ibu hamil. Adapun contoh menu sarapan untuk ibu hamil yaitu jus buah, telur, nasi goreng, susu khusus ibu hamil. Contoh menu tersebut sudah memenuhi kebutuhan protein, vitamin, dan gizi untuk perkembangan janin. Pada makan siang menunya berbeda dan ditambah dengan adanya sayuran hijau atau dan bahan lain. Baca tips dan info seputar kesehatan dan kecantikan lainnya seperti Manfaat Es Batu Untuk Wajah Dan Kulit dan Tips Cara Memutihkan Kuku yang Kuning

Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Kandungannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog