Berbagai Mitos tentang Jerawat yang Perlu Kita Ketahui

Mitos tentang Jerawat, Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang sangat mengganggu. Jerawat biasanya muncul pada permukaan wajah, namun sebenarnya jerawat juga dapat muncul pada permukaan leher, lengan tangan atas anda, dan juga pada dada. Jerawat bisa terjadi pada siapa saja, entah itu seorang pria maupun seorang wanita. Pernahkah anda mendengar berbagai mitos tentang jerawat? Ya, seringkali mitos tentang munculnya jerawat pada kulit kita itu dibahas diberbagai media, baik iklan, berita ataupun dibahas secara langsung oleh orang-orang disekeliling kita. Mitos merupakan suatu hal yang belum pasti, belum dapat diuji kebenarannya, atau dapat disebut juga sebagai kabar burung. Mitos dikenal sudah sejak jaman dahulu kala, bahkan terkadang orang tua mengatakan mitos terhadap hal-hal tertentu itu dihubung-hubungkan dengan kejadian masa lampau yang sebenarnya kita juga belum mengetahui kebenarannya.

mitos tentang jerawat

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai berbagai mitos tentang jerawat yang perlu kita ketahui:

•  Jerawat hanya muncul pada remaja, dalam masa pubertasnya. Usia tidak mempengaruhi seseorang memiliki jerawat. Fakta yang muncul adalah jerawat dapat menyerang semua orang tanpa batas usia, dewasa maupun lanjut usia juga bisa terserang jerawat.

•  Jerawat cepat hilang dengan sering mencuci muka, ini tidak terbukti, karena faktanya jerawat bukan disebabkan oleh kondisi wajah berminyak dan kotor saja. Bahkan sering mencuci muka akan mengakibatkan peradangan kulit yang semakin berbahaya.

•  Jerawat akan hilang dengan memecahkannya/ memencetnya, ini sama sekali tidak terbukti karena dengan melakukan hal tersebut malah akan melukai permukaan kulit, bahkan meninggalkan  bekas luka.

•  Jangan pakai kosmetik ketika muka berjerawat, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena kita tetap bisa menggunakan kosmetik noncomedogenic atau bahan-bahan yang tidak menyumbat pori-pori.

•  Coklat menyebabkan jerawat, ini tidak terbukti, karena coklat dan makanan manis lainnya tidak menyebabkan munculnya jerawat. Namun, tetap kita harus membatasi konsumsinya untuk kesehatan yang lebi baik.

•  Konsumsi kacang berlebih menimbulkan jerawat, fakta yang ada kacang merupakan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan bukan sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Nah, demikian tadi berbagai mitos tentang jerawat yang beredar disekitar kita. Ada sebagian besar mereka yang masih mempercayai mitos tersebut, namun ada juga mereka yang tidak mengindahkan mitos yang beredar. Sebenarnya masalah jerawat bisa kita atasi sendiri dengan mudah. Misalnya saja dengan memperhatikan hal-hal kecil penyebab timbulnya jerawat. Jika jerawat disebabkan oleh bakteri, maka sebaiknya kita menghindar dari kemungkinan tersebarnya bakteri tersebut. Jaga kebersihan wajah, konsumsi makanan dan minuman yang sehat, dan gunakan kosmetik yang aman. Kemudian apabila jerawat sudah tidak bisa ditangani oleh cara-cara alami, pergilah ke dokter kulit atau kecantikan, agar jerawat dapat segera teratasi, baca artikel Cara menghilangkan jerawat dan Cara mengatasi jerawat dari luar dan dalam untuk referensi.

Berbagai Mitos tentang Jerawat yang Perlu Kita Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eka yuni lestari