Peyebab Mendengkur Dan Tips Mengatasinya

CantikSehat.me - Mendengkur atau ngorok dalam bahasa jawanya memang tak mengganggu kita, namun mengganggu teman tidur kita. Ketika kita dapat tidur dengan nyenyak dan pulas, namun betapa kasihannya teman tidur kita yang harus berulang kali terjaga karena suara dengkuran kita. Sedikit banyak pasti kita merasa bersalah karena telah membuat tidurnya tak nyenyak. Kemudian muncul keinginan dari dalam diri untuk mengatasi mendengkur. Nah, sebelum mengatasi mendengkur dnegan cara yang benar maka lebih baik jika kita mengetahui lebih dulu apa saja yang termasuk ke dalam penyebab mendengkur. Pasalnya setiap orang memiliki penyebab yang berbeda sehingga berbeda pula cara mengatasinya. Berikut beberapa point penyebab yang dapat kami rangkum.

Peyebab Mendengkur - cantiksehat.me

• Adanya penyempitan saluran nafas. Pada saat saluran nafas yang bernama nasofaring menyempit maka udara yang melalui saluran itu akan menggetarkan sisi sisi yang lunak. Getaran itulah yang akan memunculkan suara mendengkur.

• Sedikitnya pasokan asupan oksigen yang diterima. Penyebab ini perlu ditindaklanjuti karena nafas bisa berhenti secara total dan kematian bisa menghadang.

• Berat badan berlebihan. Orang gemuk memiliki jaringan pada tenggorokan yang lebih banyak dan besar, disinilah terjadi penyempitan saluran pernafasan dan menjadi penyebab mendengkur. Anda bisa melakukan diet yang diimbangi dengan olahraga teratur.

• Tidur telentang. Tidur dengan posisi ini akan membuat lidah masuk ke dalam lalu menyumbat saluran pernafasan. Ditambah lagi dengan mulut yang selalu terbuka semakin memberikan peluang anda untuk mendengkur.

• Bentuk tubuh. Ada perbedaan antara bentuk tubuh pria dan wanita. Saluran nafas pada pria umumnya lebih kecil dibandingkan pada wanita, alhasil pria lebih sulit untuk membuang nafas dan lebih dominan berpeluang mendengkur dibandingkan wanita.

• Merokok. Dampak negative dari merokok sangat banyak, salah satunya adalah menimbulkan peradangan pada tenggorokan dan saluran nafas. Peradangan yang timbul inilah yang kemudian menjadi asal muasal seseorang mendengkur.

Setelah mengetahui beberapa penyebab mendengkur yang disebutkan diatas, maka akan menjadi bijak jika kita berusaha untuk mengatasinya. Beberapa cara yang bisa kita lakukan antara lain mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, dan mengubah posisi tidur. Baca cara mengatasi tidur mendengkur.

Peyebab Mendengkur Dan Tips Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog