Mengetahui Kondisi Kesehatan Dari Warna urine

Mengetahui Kondisi Kesehatan Dari Warna urine - Warna dan bau urine atau air seni bisa berubah ubah sesuai dengan makanan apa yang kita konsumsi. Tapi dari penelitian para ahli dari cleveland clinic Ohio, warna urine ternyata juga mempresentasikan kondisi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini warna warna urine juga kondisi kesehatan tubuh yang bisa di deteksi berdasarkan warna urine tersebut, yang bisa anda gunakan sebagai referensi jika anda merasa ada yang tidak beres dari tunbuh anda dan selanjutnya anda bisa mengunjungi dokter untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan anda

warna urine

Transparan Dan Jernih
Warna ini menunjukan kalau anda terlalu banyak meminum air, sebaiknya kurangi air yang anda minum karena terlalu banyak minum air juga tidak baik bagi tubuh.

Kuning Transparan atau Pucat Kekuningan
Warna kuning pucat merupakan warna normal untuk urine, dan ini menunjukkan kalo kondisi tubuh anda dalam keaadan sehat.

Kuning Tua atau kuning gelap
Warna kuning tua juga termasuk warna normal, anda tidak sedang dehidrasi tapi sebaiknya anda segera minum air putih karena anda dalam kondisi yang hampir dehidrasi.

Warna Madu Atau Kuning Orange
Warna ini menunjukkan kalau tubuh anda kekurangan cairan (Dehidrasi) dan anda harus segera minum sesegera mungkin untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Oranye
Warna orange bisa mengindikasikan 2 hal, anda bisa saja kekurangan cairan  atau anda mengalami masalah pada liver atau saluran empedu. Urine berwarna orange juga bisa terjadi jika anda baru saja mengkonsumsi makanan berwarna oranye seperti wortel atau perwarna makanan berwarna oranye.

Cokelat
Jika warna urine anda berwarna Cokelat sebaiknya anda segera mengunjungi dokter, karena urine yang berwarna cokelat mengindikasikan ada masalah pada liver anda atau juga bisa anda dalam kondisi dehidrasi parah. Segera minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan jika warna tidak berubah segera kunjungi dokter.

Pink Kemerahan
Jika sebelum urine anda berwarna pink atau kemerahan anda baru saja makan buah bit atau blueberry ini bukan masalah besar, tapi jika seelumnya anda tidak mengkonsumsi makanan tersebut anda sebaiknya sesegera mengunjungi dokter karena kemungkinan urine annda mengandung darah yang bisa di sebabkan oleh penyakit ginjal, tumor, infeksi kandung kemih, masalah prostat atau bahkan keracunan merkuri.

Biru Atau Hijau
Warna ini sangat jarang terjadi, kemungkinan karena kondisi genetik atau adanya bakteri pada kandung kemih. Jika anda mendapati warna urine biru atau atau hijau sebaiknya kunjungi dokter untuk pemeriksaan selanjutnya.

Berbusa
KOndisi ini tidak berbahaya tapi Kondisi ini mengindikasikan protein berlebih atau masalah ginjal.
Jika urine yang berbusa ini terjadi terus menerus sebaiknya anda mengunjungi dokter.

Itulah beberapa kondisi kesehatan berdasarkan warna urine, minumlah air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghidari tubuh dari dehidrasi.

Mengetahui Kondisi Kesehatan Dari Warna urine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eka yuni lestari