Khasiat dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan - Siapa yang tidak kenal dengan kunyit, tanaman toga ini memiliki banyak fungsi yang baik untuk dunia kesehatan atau untuk melezatkan aneka penganan khas. Kunyit memiliki kandungan curcumin yang berkhasiat pada dunia kesehatan. Utnuk lebih jelasnya berikut khasiat dan manfaat kunyit yang kami berikan untuk menambah pengetahuan anda. Ada banyak sekali khasiat atau pun manfaat dari tumbuhan yang satu ini, diantaranya adalah :

khasiat kunyit
Lancarkan pencernaan
Kunyit memiliki kanungan curcumin yang dapat membantu proses pencernaan secara sempurna. Gejala kembung dan pencernaan lainnya dapat diatasi dengan menggunakan kunyit. Namun bagi anda yang memiliki penyakit kandung empedu sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen atau minuman yang terbuat dari kunyit.

Mengobati tifus
Untuk mengolah kunyit menjadi obat yang dapat mengobati penyakit tifus anda harus melakukan cara berikut: sediakan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sereh, 1 lembar daun sambiloto,  tumbuk semua bahan sampai halus dan lembut dan tambahkan satu gelas air masak yang sudah mendidih. Kemudian saring, anda dapat mengkonsumsinya selagi hangat.

Kurangi resiko diabetes militus
Kandungan curcumin pada kunyit dapat mengurangi tingkat resistansi insulin. Oleh karena itu kadar kandungan glukosa pada darah dapat terkendali dengan baik. sehingga resiko terserang diabetes militus dapat diantisipasi.

Cegah penyakit kanker
Kurkumin adalah satu zat yang antioksidan yang dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan dan mutasel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu kandungan kurkumin juga dapat menghambat pertumbuhan kanker terutama kanker usus, kanker payudara, kanker perut, kanker paru-paru, dan kanker kulit.
Ternyata hanya dari 1 tanaman toga memiliki banyak fungsi ya untuk kesehatan kita. jika sudah tau manfaat dari 1 ruas kunyit sepertinya anda harus lebih rajin menanam tananan toga yang satu ini. Selain mudah perawatannya, kunyit juga sangat mudah didapatkan dipasar-pasar tradisional. Semoga karya tulis ini dapat bemanfaat untuk anda.

Khasiat dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog