Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu - Madu sudah tidak di ragukan lagi khasiatnya sebagai obat herbal dengan segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh . Dengan semakin meningkatnya permintaan masyarakat akan produk produk obat herbal, menjadikan berbagai macam obat herbal sangat di buru tak terkecuali dengan madu, permintaan madu yang semakin meningkat ini di manfaatkan oleh orang orang tidak bertanggung jawab untuk membuat madu palsu, yang mengunakan bahan bahan berbahaya seperti formalin dan borax untuk campurannya. Orang orang tidak bertanggung jawab ini hanya memburu keuntungan semata tanpa memperdulikan efek buruk bagi pengonsumsi madu palsu yang mereka produksi. Baca Manfaat madu bagi kesehatan.

membedakan madu palsu dan asli

Niat hati ingin hidup sehat tapi malah memperburuk kondisi tubuh karena madu palsu. Ada beberapa tips untuk membedakan madu palsu dan asli.

1. Menggunakan Alat Polarimeter.
Cara ini cukup akurat untuk menetes apakah madu tersebut asli atau palsu.

2. Mencampurnya Dengan Kuning Telur
Untuk mengetes madu tersebut asli apa tidak cara ini cukup efektif. Caranya campurkan 2 sendok makan madu dengan kuning telur terus kocok. Jika kuning telur menggumpal atau mengkristal dan terlihat matang maka kemungkinan besar madu tersebut asli. Hal ini bisa terjadi karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein, jika protein dan asam bertemu maka protein akan menggumpal.

3. Meneteskan Madu Pada Koran
Madu asli mempunyai kandungan air yang lebih rendah dari madu palsu, Jika madu tersebut asli maka madu tersebut tidak mudah di serap oleh kertas koran.

4. Madu Asli Mempunyai Rasa Yang Lebih Asam
Madu asli mempunyai tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 – 6,1. jadi selain rasa manis madu mempunyai rasa asam.

5. Kocok Madu Dalam Botol 
Jika madu itu asli ketika di kocok dalam botol madu tersebut akan mengeluarkan busa dan mendorong tutup botol seperti soda.

6. Menggunakan Korek Api
Cara ini sebenernya mempunyai analisis yang sama seperti meneteskan madu pada koran yaitu untuk mengetes kadar air dalam madu asli lebih sedikit dari madu palsu. Dengan mencelupkan pentol korek api ke cairan madu untuk beberapa saat. Jika setelah di celupkan dan korek tersebut kita gosokkan ke kotak korek masih menyala itu mengindikasikan kalau madu tersebut asli.

7. Menggunakan Semut
Madu asli tidak di kerubungi semut, Cara ini tidak sepenuhnya benar karena pada dasarnya semut akan mendatangi sesuatu yang manis, termasuk mansnya madu. Semakin kental madu maka akan semakin sulit semut untuk mendeteksi keberadaan madu tersebut.

8. Memasukannya Ke Dalam Freezer
Madu asli tidak akan membeku jika di masukkan ke dalam freezer. Cara ini juga tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa jenis madu yang akan membeku jika di masukkan Freezer contohnya madu kaliandra.

madu asli atau palsu

Bebera tips di atas tidak bisa di jadikan acuan untuk membuktikan kalau madu tersebut terjamin 100% keasliannya. Contohnya madu yang di panen pada musim hujan akan mempunyai kadar air yang lebih tinggi.

Untuk menghindarkan anda dari membeli madu palsu sebaiknya anda memperhatikal hal hal berikut ini :

# Belilah madu di peternakan lebah terpercaya, atau jika anda tidak tahu tempatnya maka bandingkan harga madu tersebut madu nasli biasanya di hargai lebih dari 200 ribu per 1 liternya.

# Jangan membeli madu dari pedagang madu keliling yang tidak anda kenal, karena kebanyakan penjal madu keliling menjual madu palsu.

Itulah Tips Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu semoga membantu, baca juga Manfaat berjalan tanpa alas kaki dan Cara mengecilkan paha terima kasih.

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog