Tips Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

Cara Mengobati Cantengan Secara Alami, Penyakit cantengan merupakan penyakit yang biasanya didapati di daerah bawah kuku, maka dari itu disebut kuku cantengan. Mungkin namanya akan berbeda-beda di setiap daerah, yang jelas kuku cantengan berarti kuku cantengan disebabkan karena infeksi kulit bagian bawah kuku. Infeksi ini menyebabkan kuku bernanah. Penyebab dari infeksi kulit ini bisa karena jamur bakteri, gigitan serangga, kebiasaan buruk menggigit kuku, atau penyebab lainnya. selain dengan obat ada beberapa cara mengobati cantengan secara alami. Biasanya kuku yang mengalami cantengan akan merasakan sakit, di sekitar kuku terdapat nanah, selain itu juga mengalami pembengkakan.

Cara mengobati cantengan

Untuk cara mengobati cantengan secara alami, berikut penjelasan beserta bahan-bahan yang digunakan. ( Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka )

•  Siapkanlah baskom yang berisi air hangat, lalu rendamlah bagian kaki yang mengalami cantengan, rendam hingga 15 menit. Perendaman ini dimaksudkan agar dapat meredakan rasa sakit dan mengempeskan bengkak pada kaki cantengan. Cara ini di lakukan jika kuku mulai terasa sakit, kemerahan dan keras.

•  Gunakanlah ramuan dari bahan alami seperti gula merah, air jeruk nipis, pacar kuku 3-4 helai daun atau secukupnya. Bahan tersebut dihaluskan hingga halus lalu di tempel pada bagian kuku yang cantengan. Namun sebelum di tempel pastikan daerah kuku tersebut bersih, bisa di rendam terlebih dahulu untuk dibersihkan. Agar ramuan tidak hilang maka gunakanlah kasa untuk membungkusnya. Biarkan selama 4 jam sebelum diganti ramuan baru.

•  Bahan alami lainnya yaitu menggunakan daun dewa. Ambillah daun dewa yang masih segar dan di cuci bersih dahulu. Setelah itu tumbuk hingga halus. Cara menggunakannya sama dengan cara di atas. Jika menggunakan cara ini maka paling sedikit menggunakannya sebanyak 2 kali dalam satu hari.

•  Jika susah menemukan bahan di atas gunakanlah parutan jahe. Jahe yang sudah dibersihkan lalu di parut dan di beri minyak kelapa sebanyak 1 sdt saja.  Campuran tersebut tidak langsung di tempelkan namun harus dibakar terlebih dahulu. Setelah mengering barulah digunakan untuk mengobati dengan cara ditempelkan dan di balut dengan kasa.

Beberapa cara tersebut merupakan cara mengobati cantengan secara alami yang cukup ampuh. ( Baca juga : Cara Mengobati Bisul Secara Alami )

Tips Cara Mengobati Cantengan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog