Khasiat dan Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan - Siapa yang tidak kenal cengkeh? Indonesia memiliki kekayaan cengkeh dengan aroma dan rasa yang sangat berkualiatas. Tak heran jika colonial belanda menjajah negara kita hingga ratusan tahun demi mendapatkan rempah-rempah tersebut. mau tahu apa saja khasiat dan manfaat cengkeh? Berikut informasinya :

Khasiat dan Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain digunakan untuk melezatkan berbagai resep masakan, cengkeh juga diyakini sebagai obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai penyakit dari tingkat reguler hingga mematikan dapat ditangkis atau dilawan dengan menggunakan cengkeh.

2. Pengusir nyamuk
Cengkeh dapat digunakan untuk menyingkirkan nyamuk demam berdarah dan berbagai nyamuk lainnya. Anda dapat menempatkan cengkeh pada tempat yang sering dijadikan sarang berbagai nyamuk tersebut. Dijamin nyamuk tidak akan bersarang kembali pada tempat tersebut.

3. Melawan kanker
Penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat difungsikan untuk menyembuhkan atau  mengobati penyakit kanker. Terutama kanker kulit, paru-paru dan saluran pencernaan. Meski telah dilakukan penelitian namun tidak banyak orang yang mempercayai penelitian tersebut.

4. Menyehatkan jantung
Eugnol yang terkandung dalam cengkeh memiliki fungsi pencegah pembekuan darah, juga dapat membantu terhindar dari stroke.

5. Analgesik
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak cengkeh terbukti untuk mengobati sakit gigi. Penelitian juga dikembangkan bahwa minyak cengkeh juga dapat dijadikan obat analgesik atau obat penahan rasa sakit.

6. Antibakteri atau jamur
Cengkeh secara alami dan efisien melawan bakteri terutama bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan diperut dan kuman dimulut. Eugenol yang terkandung didalamnya memiliki sifat anti jamur sangat efektif untuk mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.

Sudah tahukan khasiat dari cengkeh, tak heran jika harga perkilo cengkeh mencapai harga yang cukup tinggi. Semoga info tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

Khasiat dan Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog