Kandungan dan Manfaat Buah Siwalan Bagi Kesehatan Manusia

Kandungan dan Manfaat Buah Siwalan Bagi Kesehatan Manusia, Buah siwalan biasanya tumbuh di daerah pegunungan atau daerah yang dekat dengan laut, orang pantai utara biasa menyebutnya dengan buah ental. Daerah yang banyak ditumbuhi buah siwalan ini biasanya di jawa timur, bali, NTT serta NTB. Bentuk buah siwalan ini hampir seperti buah kolang- kaling, dengan warna daging buahnya yang putih dan memiliki rasa seperti kelapa muda ini memiliki kandungan dan manfaat bagi kesehatan. Selain buahnya pohon siwalan merupakan penghasil nira. Yaitu minuman yang lebih dikenal dengan sebutan tuak. Bagi yang belum mengetahui kandungan dan manfaat buah siwalan bagi kesehatan tubuh manusia jangan khawatir karena artikel berikut ini akan membahasnya.

manfaat buah siwalan

Bagi penyuka buah siwalan tentu banyak yang mengetahui jika buah tersebut kaya akan kandungan yang bermanfaat seperti

•  Karbohidrat
•  Protein
•  Lemak dengan kadar rendah
•  Serat
•  Air
•  Glukosa dan sukrosa

Selain kandungan yang bernutrisi tersebut, kandungan dan manfaat buah siwalan bagi kesehatan yang lainnya dalah mampu di gunakan sebagai obat penyembuh beberapa penyakit. Bagian buah yang tua bisa di jadikan obat kulit. Buahnya yang segar juga dapat di konsumsi dengan berbagai bentuk olahan sehingga anda tidak akan bosan mengkonsumsi buah siwalan ini secara rutin. Tidak hanya buahnya akar buah siwalan pun memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Contohnya akar buah siwalan ini bisa digunakan sebagai obat cacing, kemudian sebagai obat pernafasan caranya dengan merebus akar muda buah siwalan. Bagi penderita sakit gigi arang kulit buah siwalan ini juga bisa di jadikan obat. Tentunya ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Pada pohon buah siwalan biasanya bisa menghasilkan sekitar 6 liter air nira. Bagi sebagian orang nira ini memiliki fungsi sebagai minuman isotonic alami. Nira atau yang sering di sebut legen juga memiliki kandungan seperti gula, protein, lemak dan mineral yang baik untuk tubuh. Perlu di ketahui jika ingin mengkonsumsi air legen ada baiknya di konsumsi saat air berumur 0-2 hari, karena jika lebih dari dua hari legen ini akan berubah menjadi tuak yang memiliki kandungan alkohol.

Kandungan dan manfaat buah siwalan bagi kesehatan sangat banyak, serta hampir setiap bagian dari buah siwalan ini dapat di gunakan mulai dari akar, daun, batang serta airnya. Tentu hal ini juga bisa di manfaatkan sebagai usaha, misalnya dengan menjual es dawet siwalan. Dengan memanfaatkan buah siwalan sebagai campuran es dawet anda juga bisa menggunakan nira dari buah siwalan sebgai pengganti gula. Sehingga es dawet yang dijual memiliki nilai tambah karena di hidangkan dengan bahan- bahan alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Baca juga Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Kandungannya dan Lima Kebiasaan yang Salah Saat Menurunkan Berat Badan Atau Diet.

Kandungan dan Manfaat Buah Siwalan Bagi Kesehatan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dinabilazahra blog